Senin, 21 Maret 2011

KoTeaSar (Kopi Tea Sargassum Sp.)
Algae Sargassum merupakan salah satu marga Sargassum termasuk dalam kelas Phaeophyceae. Ada 150 jenis Marga Sargassum yang dijumpai di daerah perairan tropis, subtropis dan daerah bermusim dingin (NIZAMUDDIN 1970).

Di perairan Indonesia diperkirakan terdapat lebih dari 15 jenis algae Sargassum dan yang telah dikenal mencapai 12 jenis. Sedangkan di perairan Indo-Pasifik tercatat 58 jenis ( BOSSE 1928). Kehadiran marga Sargassum di berbagai daerah di Indonesia mempunyai sebutan nama yang berbeda-beda. Di kepulauan Seribu disebut oseng dan di Banten dinamakan kembang karang. Algae Sargassum tumbuh sepanjang tahun, tumbuhan ini bersifat “perenial” atau setiap musim barat maupun timur dapat dijumpai di berbagai perairan.

KANDUNGAN BAHAN KIMIA
Algae Sargassum mudah diperoleh di perairan Indonesia, kandungan bahan kimia utama sebagai sumber alginat dan mengandung protein, vitamin C, tannin, iodine, phenol sebagai obat gondok, anti bakteri dan tumor (TRONO & GANZON 1988), sebagai berikut :
1. Algin
Algin merupakan asam alginik, Alginik dalam bentuk derivat garam dinamakan garam alginat terdiri dari sodium alginat, potasium alginat dan amonium alginat. Garam alginat tidak larut dalam air, tetapi larut dalam larutan alkali. Asam alginik tersusun dari asam D-Manuronik dan asam L – Guluronik

2. Manfaat alginat.
Kandungan koloid alginat dari algae Sargassum (Gambar 6.) dalam industri kosmetik digunakan sebagai bahan pembuat sabun, pomade, cream bodylotion, sampo dan cat rambut. Di industri farmasi sebagai bahan pembuat kapsul obat, tablet, salep, emulsifier, suspensi dan stabilizer. Di bidang pertanian sebagai bahan campuran insektisida dan pelindung kayu. Di industri makanan sebagai bahan pembuat saus dan campuran mentega. Manfaat lainnya dalam industri fotografi, kertas, tekstil dan keramik. Di bidang kesehatan iodine digunakan sebagai obat pencegah penyakit gondok.

dan beberapa penemuan terakhir menyebutkan bahwa salah satu manfaat dari alginat pada bahan sargassum ini mampu mengobati penyakit kronis, yakni kanker. 

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar